Sunday, December 25, 2011

BAB VI - PEMASARAN

1.   PENGERTIAN PASAR DAN PEMASARAN



Ø Pengertian pasar
Pasar adalah kelompok individual (perorangan maupun organisasi) yang mempunyai permintaan terhdap barang tertentu, berdaya beli dan berminat merealisasikan pembelinya.
Ø Pengertian pemasaran
Pemasaran adalah kegiatan untuk menjalankan bisnis (profit atau nonprofit) guna memenuhi kebutuhan pasar dengan barang dan atau jasa, menetapkan harga, mendistribusikan, serta mempromosikannya melalui proses pertukaran agar memuakan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan.

2.   JENIS-JENIS PASAR
Ø Jenis-jenis pasar
-          Pasar konsumen
Sekelompok pembeli yang membeli barang untuk dikonsumsi, bukan dijual atau diproses lebih lanjut.
-          Pasar industri
Pasar yang terdiri dari individu dan lembaga atau organisasi yang membeli barang untuk dipakai lagi, baik langsung maupun tidak, dalam memproduksi barang lain kemudian dijual.
-          Pasar penjual
Individu dan organisasi yang membeli barang untuk dijual lagi atau disewakan untuk mendapatkan laba
-          Pasar pemerintah
Pasar dimana terdapat lembaga pemerintah, seperti : departemen, direktorat, kantor dinas dan instansi lain

3.   KONSEP-KONSEP INTI PEMASARAN
Ø Konsep Produksi
Konsumen menyukai produk yang tersedia dan selaras dengan kemampuan dan manajemen berkonsentrasi pada efesiensi produksi dan distribusi.
Ø Konsep Produk
Konsumen menyukai produk yang bermutu dan kunerja baik serta keistimewaan yang mencolok, manajemen harus memperbaiki terus-menerus.
Ø Konsep penjualan
Konsumen tidak akan membeli banyak produk kecuali manajemen melakukan usaha promosi dan penjualan yang baik.
Ø Konsep pemasaran
Penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran dan pemberian kepuasan secara lebih efektif dan efisien dari yang dilakukan pesaing.

4.   MANAJEMEN PEMASARAN
Manajemen pemasaran adalah perencanaan dan pelaksanaan pemikiran, penetapan harga, promosi serta penyaluran gagasan, barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memenuhi sasaran individu dan organisasi.

Ø Keadaan Permintaan dan tugas pasar
Keadaan permintaan
Tugas pasar
Permintaan negative
Rancangan ulang produk, harga rendah, dan promosi positif
Tidak ada permintaan
Menghubungkan manfaat dengan kebutuhan dasar dan minat orang
Permintaan laten
Mengukur ukuran pasar dan mengembangkan produk yang memuaskan
Permintaan merosot
Mengukur ukuran pasar dan mengembangkan produk yang memuaskan
Permintaan ireguler
Synchromarketing
Permintaan penuh
Memperbaiki mutu dan mengukur kepuasan konsumen
Permintaan berlebih
Demarketing

Ø Falsafah manajemen pemasaran
-          Konsep produksi
Falsafah yang menyatakan bahwa konsumen yang menyukai produk-produk yang tersedia dan selaras dengan kemampuan
-          Konsep produk
Gagasan bahwa konsumen akan menyukai produk-produk yang menawarkan mutu, kinerja, dan penampilan terbaik
-          Konsep Penjualan
Gagasan bahwa konsumen tidak akan membeli produk perusahaan, kecuali jika perusahaan tersebut melakukan upaya-upaya penjualan promosi dengan gencar
-          Konsep pemasaran
Falsafah manajemen yang mengatakan bahwa pencapaian tujuan organisasional bergantung pada penetapan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran.
-          Konsep pemasaran kemasyarakatan
Gagasan bahwa organisasi sebaiknya menentukan kebutuhan keinginan dan minat dari pasar sasaran dan mengirimkan kepuasan yang diinginkan secara lebih efektif dan efisien.

5.   BAURAN PEMASARAN
Buruan pemasaran (marketing mix) adalah kombinasi dari empat variable atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran perusahaan, yaitu : produk, struktur harga, kegiatan promosi, dan sistem pemasaran
Ø  Pengertian produk
Suatu sifat komplek baik dapat diraba maupun tidak dapat diraba, termasuk bungkus, wrna, harga yang diterima oleh pembeli untuk memuaskan keinginn atau kebutuhan
Ø  Harga
Sejumlah uang (ditambah beberapa barang kalau mungkin) yang dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah kombinasi dari barang beserta pelayanannya
Ø  Saluran distribusi
Saluran yang digunakan oleh produsen untuk menyalurkan dari produsen ke konsumen atau pembeli industri
Ø  Promosi
Arus informasi atau persuasi satu arah yang dibuat untuk mengarahkan seseorang atau organisasi kepada tindakan yang menciptakan pertukaran dalam pmasaran

6.   TUJUAN SISTEM PEMASARAN
-          Memaksimumkan konsumsi
Pekerjaan pemasaran adalah memudahkan dan merangsang konsumsi maksimum, akhirnya menciptakan produksi, kesempatan kerja, dan kemakmuran maksimum
-          Memaksimumkan kepuasan konsumen
Kepuasan yang diterima seseorang tergantung sedikitnya orang lain memiliki barang tersebut
-          Mamaksimumkan mutu hidup
Termasuk didalamnya kualitas, kuantitas, ketersediaan, dan harga pokok barang ; mutu lingkungan fisik ; dan mutu lingkungan kultur

7.   PENDEKATAN DALAM MEMPELAJARI PEMASARAN
-          Serba fungsi
Dari apa saja kegiatan pokok pemasaran, yaitu : pembelian, pengangkutan, penjualan, penyimpanan, pembelanjaan, penanggungan resiko, standarisasi dan grading, pengumpulan informasi pasar
-          Serba lembaga
Dilihat dari lembaga atau organisasi yang terlibat dalam pemanasan, misal : produsen, supplier, perantara dagang sb
-          Serba barang
Studi tentang bagaimana barang berpindah dari produsen ke konsumen akhir atau konsumen industri
-          Serba manajemen
Dilihat dari pendapat manajer serta keputusan yang diambil
-          Serba sistem
Menyangkut elemen-elemen yang luas dalam sistem pemasaran termasuk pendekatan serba fungsi, manajemen, produk, dan lembaga

No comments:

Post a Comment