1. MANAJEMEN
Ø Pengertian dan peranan manajemen
- Encyclopedy of the social sciene
Proses pelaksanaan suatu tujuan tertentu dilaksanakan dan diawasi
- Gerry R. Terry
Cara pencapaian tujuan yang telah ditentukan terlebih dulu dengan melalui kegiatan orang lain
- Mary Parker Follett
Manajemen sebagai seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. “ the art of getting done throught people “
Jadi, dari beberapa definisi diatas dapatt disimpulkan bahwa manajemen adalah proses merencanakan, mengorganisasikan, memimpin dan mengendalikan pekerjaan anggota organisasi dan menggunakan semua sumber daya organisasi. Sedangkan manager adalah orang yang bertanggung jawab untuk mengarahkan usaha yang bertujuan membantu organisasi dalam mencapai sasarannya.
Ø Latar belakang Sejarah manajemen
Sejak buku karangan Fredick W. Taylor berjudul The Principles of Scientific Management, tahun 1991, Taylor dikenal sebagai Bapak Manajemen Ilmiah.
Dalam bukunya Taylor mengemukakan bebeerapa prinsip dalam melakukan pekerjaan, yaitu:
- Semua pekerjaan dapat diobservasi dan dianalisis guna menentukan cara terbaik untuk menyelesaikannya
- Orang yang tepat untuk memangku jabatan dapat dipilih dan dilatih secara ilmiah.
- Kita dapat menjamin bahwa cara terbaik tersebut diikuti dengan menggaji pemegang jabatan dengan dasar insentif, yaitu menyamakan gaji dengan hasil kerjanya.
- Menempatkan manajer dalam perencanaan , persiapan, dan pemeriksaan pekerjaan.
Ø Fungsi dan proses manajemen
- Planning
Fungsi oemilihan alternative melalui suatu proses yang rasional untuk mngambil keputusan terhadap objective perusahaan, policy, program maupun prosedur untuk memperbaikinya.
- Organizing
Fungsi pengorganisasian adalah kegiatan dalam menentukan macam kegiatan besert jumlah kegiatan yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan perusahaan maupun pengelompokan kegiatan-kegiatan beserta orang-orangnya yang sesuai dengan kegiatannya beserta adanya pendelegasian wewenang.
- Directing
Directing atau pengarahan adalah kegiatan yang khususnya ditujukan untuk mengatasi dan mengarahkan bawahan sehingga seorang pimpinan secara manusiawi bisa mengikat bawahan.
- Koordinasi
Merupakan fungsi yang harus dilakukan seorang manajer agar terdapat suatu komunikasi atau kesesuaian dari berbagai kepentingan dan perbedaan kegiatan sehinga bisa tercapai tujuan organisasinya
- Controllong
Pengawasan merupakan fungsi terakhir yang akan dilakukan manajer guna melengkapi fungsi yang sudah dilakukan lebih dulu
Dalam prakteknya, proses ini tidak harus dilakukan secara berurutan . Fungsi-fungsi tersebut dapat dijalankan secara berlompat atu bersamaan.
Proses manajemen adalah serangkaian keputusan dan kegiatan kerja yang terus-menerus dimana manajr terlibat sewaktu mereka merencana, mengorganisasi, mengarahkan, mengkordinasi, dan menawasi. Berikut adalah skema proses manajemen:
referensi gambar : Widyatmini, pengantar bisnis, gunadarma, jakarta, 1992
Ø Ciri-ciri Manajer Profesional
Manager yang professional adalah manajer yang mampu untuk menciptakan atau membuat kedua belah pihak menjadi senag, bahagia, dan bangga.
Ø Kemampuan manajemen yang dibutuhkan
Robert L. Katz seorang pendidik dan eksekutif perusahaan mengidentifikasikan 3 jenis utama keterampilan, yaitu:
- Teknis : kemampuan untuk menggunakan alat-alat prosedur, dan teknis suatu bidang khusus
- Manusiawi : kemampuan untuk bekerja dengan orang lain
- Konseptual : kemampuan engordinasi dan memadukan semua kepentingan dan tujuan
Berikut adalah gambar keterampilan dari berbagai tingkatan manajemen
referensi gambar : sumber
2. ORGANISASI
Ø Definisi Organisasi
# Boone dan Katz
Organisasi adalah suatu proses tersusun yng orang-orangnya berinteraksi
untuk mencapai tujuan.
# James D Mooney
Organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai
tujuan bersama.
# Chester I Barnard
Suatu sistem aktivitas kerrjasama yang dilakukan oleh dua orang atay
lebih.
Jadi, organisasi dapat disefinisikan sebagai berikut :
- Organisasi dalam arti badan
Kelompok orang yang bekerja untuk mancpai tujuan tertentu
- Organisasi dalam arti bagan
Gambaran skematik tentang hubungan kerjasama dari orang-orang yang terlibat dalam organisasi untuk mencapai tujuan bersama
Ø Pentingnya mengenal organisasi
Kita selalu berkaitan dengan organisasi, tim olahraga dan organisasi sosial, kelompok keagamaan, behkan kelompok binatangpun ada, seperti lebah, semut, rayap.
Perusahaan kecil, fungsi pengorganisasian sederhana, misal : toko kelomtong, manajer-pemilik took mempekerjakan beberpa orang ; melayani pembeli, membersihkan, mengatur barang, serta menjaga took.
Ø Bentuk-bentuk organisasi
Cara penggambaran bagan struktur menurut Henry G. Hodges adalah :
a. Bentuk Piramidal
b. Bentuk Vertikal
c. Bentuk Horizontal
d. Bentuk lingkaran
Bentuk bentuk organisasi dapat dibendakan atas :
a) Organisasi Garis
Organisasi ini masih kecil, jumlah karyawan sedikit, dan saling mengenal serta spesialisasi kerjaa belum tinggi
kebaikan | kekurangan |
Kesatuan komando erjamin | Seluruh organisasi bergantung pada satu orang saja |
Garis komando berjalan dengan tegas | Kecendrungan pemimpin bertindak otokratis |
Proses pengambilan keputusan cepat | Kesempatan karyawan untuk berkembang terbatas |
b) Organiasi Garis dan Staf
Dianut oleh organisasi besar, daera kerja luas dan mempunyai sidang tugas yang beraneka ragam serta rumit dan jumlah karyawannya banyak.
Kebaikan | Keburukan |
Terdapat pembagian tugas antar pemimpin dan pelaksana akibat adanya staf ahli | Rasa silodaritas berkurang |
Prinsip penempatan orang yag tepat pada posisi yang tepat pula | Kecendrungan terjadi perbedaan perintah antara atasan dan staf |
Pengambilan keputusan tepat | Kesatuan komando berkurang |
Koordinasi lebih baik | Hambatan pelaksanaan tugas |
c) Organisasi Fungsional
Organisasi yang disusun atas dasar fungsi yang harus dilaksanakan.
Kebaikan | Keburukan |
Pembidangan tugas menjadi jelas | Pengalihan pekerjaan sulit |
Spesialisasi karyawan lebih efektif | Koordinasi menyeluruh sukar dilaksanakan |
Solidaritas dan semangat kerja tinggi | Menimbulkan rasa kelompok yang sangat sempit |
Koordinasi berjalan tertib | |
d) Organisasi Panitia
Dibentuk untuk sementar waktu saja, setelah tugas selesai maka selesai pula organisasi tersebut
Kebaikan | Kekurangan |
Segala keputusan dipertimbangan dalam pembahsan | Proses pengambilan keputusan berlarut-larut |
Kemungkinan pimpinan bertindak otoriter | Tanggung jawab tidak jela |
Koordinasi kerja telah dibahas oleh suatu team | Kreativitas karyawan terhambat |
Ø Prinsip-prinsip organisasi
- Perumusan tujuan jelas
- Pembagian kerja jelas
- Delegasi kekuasaan
- Rentang kekuasaan
- Tingkat pengawasan
- Kesatuan perintah dan tanggug jawab
- Kooerdinasi
Ø Sebab keberhasilan dan kekegagalan
Factor penentu keberhasilan atau kagagalan organisasi adalah factor sumber daya manusia. Organisasi sangat membutuhkan SDM yang kompeten, memiliki kompetensi tertentu yang dibutuhkan untuk menunjang kebehasilan pelaksanaan pekerjaan.
sumber 4 : catatan pribadi
No comments:
Post a Comment