Wednesday, March 14, 2012

save EARTH



       Global Warming. yap! satu kata itu yang sudah bisa menggambarkan judul dan maksud tulisan ini. beberapa tahun lalu rame banget ya orang-orang ngomongin 'global warming'. terus pertanyaannya , apakah sekarang bumi masih mengalami global warming? jawabannya 'iya'. setelah gagasan-gagasan menanam sejuta pohon, mengurangi pengeluaran CFC, go green, dan segala macemnya, kayaknya sekarang himbauan itu ngga serame dulu ya? mungkin orang2 udah lupa untuk melestarikan bumi tericinta ini. sayang banget ngga si kalo cuma gara-gara himbauan yang ngga serame dulu terus kita lupain gitu aja kelestarian bumi kita ini? mungkin buat sebagian orang susah lah ya kalo harus menanam sejuta pohonlah atau mendaur ulang.
           Sebenarnya kita sebagai mahasiswa atau pelajar lainnya juga bisa kok menolong bumi dengan hal-hal kecil yang memerlukan waktu singkat dan pastinya bagi kita kecil, tetapi berdampak besar bagi bumi kita ini.

  1. selesai memakai toilet, perhatikan dua tombol pembilas (flush) berukuran kecil dan besar. pilihlah tombol kecil untuk membilas air seni atau tombol besar untuk membilas kotoran atau muntahan. dengan begitu kita bisa menghemat air
  2. jika berada di toilet umum dan ada keran air yang terbuka padahal bak penampungan sudah penuh, kita bisa mematikan keran tersebut.
  3. mandi dengan shower. oenelitian membuktikan jika kita mandi dengan shower, air yang kita gunakan akan lebih sedikit ketimbang menggunakan bath tup
  4. menetapkan 1 hari untuk mencuci. dari pada kita mencuci setiap hari, satu hari mencuci juga bisa lho menghemat air yang ada.
  5. biasakn membawa bekl dari rumah (makan+minum). dengan megitu kita sudah mengurangi sampah-sampah plastik air minum ataupun bungkus kertas nasi /sterofoam
  6. jika kita berbelanja di kantin ataupun supermarket biasakan membawa kantong sendiri yang dapat dipakai berulang-ulang dengan begitu kita bisa mengurangi sampah plastik yang terus menumpuk. karena menurut penelitian, penggunaan plastik oleh supermarket pertahunnya mencapai 3 milyar! ckckck. katanya si bisa membungkus bulan sampe dua kali. wow!
  7. matikan listrik jika tidak terlalu penting. bahkan kita bisa mematikkan komputer walau hanya ditinggal mandi. selain dapat menghemat penggunaan listrik kita juga bisa membiarkan komputer beristirahat sejenak.
  8. memasang temperatur AC tidak lebih dari 25 derajat celcius, atau ubah sistemnya ke 'low cool', dan batasi penggunaan pada malam hari saja menjelang mau tidur. elain dapat menghemat listrik kita juga dapat mengurangi gas CFC yang dihasilkan AC
  9. mencabut colokan pada saklar. ini dapat mengurangi daya listrik yang terbuang percuma.
mudahkan? kita dapat melakukan itu sehari-hari. jika kita sudah bisa menerapkan point-point diatas lebih dari setengahnya kita sudah dapat menolong bumi kita lho, tentunya ngga cuma sehari aja. membiasakan diri menjadi generasi yang 'smart' itu baik. dengan tetap memakai dan memelihara bukan dengan merusaknya. :)

sumber: majalah Gadis edisi tahunan 2007 dengan perubahan seperlunya

No comments:

Post a Comment