Saturday, December 24, 2011

BAB II - PERUSAHAAN DAN LINGKUNGAN PERUSAHAAN

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering mendengar istilah perusahaan. Baik dari media elektronik, cetak, maupun dari interaksi social secara langsung. Tetapi apakah kita mngetahiu apakah arti dari istilah tersebut? Berikut ini kita akan menelaah lebih lanjut mengenai perusahaan dan lingkungannya. Sebelum itu mari kita pelajari dari pengertian perusahaan itu sendiri menurut para ahli.

1.  1. Pengertian Perusahaan
# Kansil
    Perusahaan adalah setiap bentuk badan usaha yang menjalankan setiap jenis usaha yang bersifat tetap dan terus menerus dan didirikan, bekerja, serta berkedudukan dalam wilayah negara indonesia untuk tujuan memperoleh keuntungan dan atau laba.
# Swastha dan Sukotjo
    Perusahaan adalah adalah suatu organisasi produksi yang menggunakan dan mengkoordinir sumber-sumber ekonomi untuk memuaskan kebutuhan dengan cara yang menguntungkan.
Jadi, Perusahaan adalah suatu bentuk usaha yang mencari keuntungan atau laba, yang bergerak diberbagai bidang (jasa, dagang, dan manufaktur) dan memiliki suatu struktur organisasi, manajemen, lokasi dan karyawan atau pegawai. sumber

2.   2.Tempat Kedudukan dan Letak Perusahaan
# Tempat Kedudukan dan Letak Perusahaan
            Tempat kedudukan perusahaan adalah tempat atau letak perusahaan melakukan aktivitas produksi. Memilih tempat kedudukan usaha lebih sukar dibanding memilih tempat untuk badan usaha biasa (sumber), karena pemilihan tempat kedudukan perusahaan dipakai untuk jangka panjang, bahkan selamanya sehingga memerlukn pemikiran yang sangat matang.
# Jenis Letak Perusahaan
Ø  Lokasi perusahaan yang ditetapkan pemerintah
Lokasi ini sudah ditetapkan dan tidak bisa seenaknya membangun perusahaan di luar lokasi yang telah ditentukan. Contohnya adalah seperti kawasan industri cikarang, pulo gadung, dan lain sebagainya.
Ø  Lokasi perusahaan yang mengikuti sejarah
Lokasi perusahaan yang dipilih biasanya memiliki nilai sejarah tertentu yang dapat memberikan pengaruh pada kegiatan bisnis. Misalnya seperti membangun perusahaan udang di cirebon yang merupakan kota udang atau membangun usaha pendidikan di yogyakarta yang telah terkenal sebagai kota pelajar.
Ø  Lokasi perusahaan yang mengikuti kondisi alam
Lokasi perusahaan yang tidak bisa dipilih-pilih karena sudah dipilihkan oleh alam. Contoh : Tambang emas di cikotok, tambang aspal di buton, tambang gas alam di bontang kaltim, dan lain sebagainya.
Ø  Lokasi perusahaan yang mengikuti faktor-faktor ekonomi
Lokasi perusahaan jenis ini pemilihannya dipengaruhi oleh banyak faktor ekonomi seperti faktor ketersedian tenaga kerja, faktor kedekatan dengan pasar, ketersediaan bahan baku, dan lain-lain. Sumber

3. 3.  Perusahaan dan Lembaga Sosial
Seperti yang telah dijelaskan diatas, bahwa Perusahaan adalah suatu bentuk usaha yang mencari keuntungan di setiap kegiatannya dan memiliki organisasi, manajemen, lokasi dan karyawan atau pegawai. Sedangkan Lembaga sosial atau dikenal juga sebagai lembaga kemasyarakatan, yaitu salah satu jenis lembaga yang mengatur rangkaian tata cara dan prosedur dalam melakukan hubungan antar manusia saat mereka menjalani kehidupan bermasyarakat dengan tujuan mendapatkan keteraturan hidup (sumber) dan tidak mencari keuntungan di setiap kegiatannya. Berikut ini kita akan membahas lebih lanjut mengenai perusahaan
# Tujuan Mendirikan Perusahaan
            Secara umum tujuan mendirikan perusahaan terbagi menjadi dua jenis, yaitu tujuan ekonomis dan tujuan sosial.
·         Tujuan Ekonomis
Tentunya, tujuan ini berhubungan dengan memperoleh laba atau keuntungan yang harus dicapai setiap perusahaan. Laba mungkin bukan tujuan utama untuk mendirikan suatu perusahaan, tetapi untuk mencapai berbagai tujuan lain perusahaan harus mampu hidup berkembang dan memperoleh keuntungan. Untuk mencapai hal ini, perusahaan harusterorganisir dan dijalankan dengan baik.
·         Tujuan sosial
Tujuan ini berkaitan dengan hubungan kepada orang banyak, misalnya memperhatikan keinginan investor, karyawan, penyedia factor-faktor produksi maupun masyarakat luas.
Kedua tujuan ini saling mendukung satu sama lainnya yang akan mencapai tujuan utama perusahaan, yaitu memberikan kepuasan kepada keinginan konsumen ataupun pelanggan. sumber
# Perusahaan Sebagai Suatu Sistem
Sistem adalah suatu kesatuan dari unit-unit yang saling berinteraksi secara langsung ataupun tidak langsung (sumber). Jadi, perusahaan disebut sebagai suatu sistem karena didalam suatu perusahaan terjadi interaksi untuk mencapai tujuan perusahaan tersebut baik secara langsung maupun tidak langsung. Secara langsung contohnya adalah saat rapat untuk membicarakan proyek pada perusahaan tersebut, sedangkan secara tidak langsung yaitu diwujudkan dari staf-staf yang bekerja sesuai dengan bidangnya yang hasilnya akan disatukan. Contoh lainnya dapat kita lihat pada bagan berikut:

Sumber bagan: Widiatmini, Pengantar Bisnis, Gunadarma, Jakarta, 1992
            # Sistem Perusahaan
                        Perusahaan sebagai suatu sistem mempunyai lima sifat, yaitu:
·         Komplek
Secara keseluruhan, unit-unit perusahaan akan saling bekerja sama untuk mencapai tujuan perusahaan. Selain itu, masing-masing memiliki sub yang masih saling berketergantungan dan terkait satu sama lain. Bila ditelusuri secara mendetail, hubungan yang terjadi tersebut sangat kompleks.
·         Sebagai Suatu Kesatuan (unit)
Seperti yang telah dijelaskan pada point pertama bahwa, antara sub-sub perusahaan ataupun unitnya sangat saling ketergantungan. Sehingga mereka tidak bisa kerja sendiri-sendiri dan secara keseluruhan, suatu perusahaan adalah satu kesatuan.
·         Sifatnya Beragam
Dalam kenyataannya, tidak ada perusahaan yang mempunyai cara beroperasinya sama persis baik dalam skala usaha, bentuk, maupun jenis usahanya. Bahakan biasanya, perusahaan sejenis telah melakukan survey kepada lawan bisnisnya (dalam perusahaan sejenis)untuk menutup kerugian produknya agar memperoleh keuntungan.
·         Sifatnya Saling Tergantung
Suatu perusahaan akan saling bergantung kepada perusahaan lainnya. Contoh: perusahaan dagang akan membutuhkan perusahaan manufaktur untuk memasok bahan baku barang yang akan dijualnya.
·         Sifatnya Dinamis
Sifat ini dibutuhkan untuk mempertahankan eksistensi saatu perusahaan. Perusahaan harus dinamis dan mampu menyesuaikan dengan perkembangan dunia juga terhadap perubahan-perubahan yang berasal dari dalam perusahaan itu sendiri.
            # Fungsi-fungsi Perusahaan
            Fungsi penting perusahaan dalam kegiatan ekonomi adalah sebgai berikut:
·         Mengasilkan barang dan jasa
Kebutuhan yang harus dipenuhi mendorong peruahaan menciptakan barang dan jasa yang diperlukan oleh pelaku-pelaku ekonomi, seperti rumah tangga, pemerintah, perusahaan lain, dan masyarakat asing. Tentunya kebutuhan setiap pelaku ekonomi berbeda-beda, sesuai dengan kebutuhan masing-masing pelaku ekonomi tersebut.
·         Sebagai Pengguna Faktor Produksi
Faktor produksi yang dimaksud misalnya tenaga kerja. Perusahaan akan member balas jasa kepadanya berupa upah/gaji.
·         Membayar pajak kepada pemerintah
Peusahaan merupakan masyarakat umum. Denag demikian perusahaan juga wajib membayar pajak kepada pemerintah.
·         Sebagai Agen Pembagunan
Kegiatan ekonomi sangat berpengaruh terhadap kegiatan pembangunan karna dapat menciptakan lapangan kerja.
           
# Ciri-ciri Perusahaan
·         Operatif
Pada sebuah perusahaan dijumpai aktivitas ekonomi yang berkenaan dengan kegiatan produksi, penyediaan, ataupun pendistribusian barang atau jasa.
·         Koordinatif
Untuk mencapi tujuannya, diperlukan koordinasi agar semua bagian dalam perusahaan dapat bergerak kea rah sama dan saling mendukung satu sama lain. Koordinasi dilakukan oleh lebih dari seorang individu / sekelompok orang untuk mencaai visi dan misinya.
·         Reguler
Dalam upaya mencapai kesinambungan perusahaan, diperlukan keterturan yang dapat mendukung aktivitsnya agar dapat selalu bergerak maju.
·         Dinamis
Lingkungan selalu berubah. Agar dapat bertahan terus, perusahaan harus mampu mengukuti dan menyesuaikan dengan perubahan yang ada.
·         Formal
Perusahaan selaku pelaku kegiatan ekonomi harus merupakan lembaga resmi yang terdaftar di pemerintah serta tunduk kepada peraturan yang berlaku setelah memenuhi persyaratan pendirinya.
·         Lokasi
Dalam hal ini perusahan didirikan pada suatu tempat tertemtu dalam suatu kawasan yang secara geografis jelas.
·         Pelayanan Bersyarat
Dalam menghasilkan barang dan jasa, perusahaan terkait dengan tujuannya. Dalam hal ini perusahaan menghasilkan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang memerlukannya dan bersedia serta mampu membelinya sehingga perusahaan bias memperoleh laba agar dapat tetap bertahan dan berkembang.
           
4.      4.Berbagai Macam Lingkungan Perusahaan dan Pengaruhnya Terhadap perusahan
·         Lingkungan Eksternal
# Lingkungan eksternal mikro
Merupakan lingkungan eksternal yang berpengaruh tidak langsung terhadap kegitan usaha. Contoh :
-          Keadaan alam : SDA dan lingkungan
-          Politik dan Hankam : kehidupan operasional perusahaan sangat terpengaruh oleh politik dan hankam Negara dimana perusahaan berada
-          Hukum
-          Perekonomian
-          Pendidikan dan kebudayaan
-          Social dan budaya
-          Kependudukan
-          Hubungan internasional
# lingkungan eksternal mikro
Merupakan lingkungan eksternal yang berpengaruh langsung terhadap kagiatan usaha. Contoh :
-          Pemasok / supplier : yang menunjang kelngsungan operasi peruahaan
-          Perantara : distributor dan pengecer
-          Teknologi : yang berkaitan dengan perkembangan proses kerja, peralatan metode, dll
-          Pasar : sebagai sasaran dari produk yang dihasilkan perusahan

·         Lingkungan Internal
Merupakan factor-faktor yang berada dalam kegiatan produksi dan langsung mempengaruhi hasil produksi. Contoh:
-          Tenaga kerja
-          Peralatan dan mesin
-          Permodalan
-          Bahan mentah, bahan setengah jadi, pergudangan
-          Sistem informasi dan administrasi ebagai acuan pengambilan keputusan sumber

5.     5. Pendekatan Dalam Melihat Bisnis dan Lingkungan
Bisnis dan lingkungan sangat berkaitan erat. Suatu bisnis akan dapat bersaing, bertahan dan berkembang  jika mengikuti perkembangan serta perubahan pasar atau lingkungannya. Suatu bisnis yang tidak dapat bersifat dinamis ini akan sulit berkembang di dunia perbisnisan.
Oleh karena itu untuk memulai suatu bisnis harus memahami lingkungan di sekitar dan peka terhadap perubahan-perubahannya.

No comments:

Post a Comment