Sunday, January 6, 2013

Review jurnal 5.3 PENGARUH VARIABEL ASET LANCAR, DEBT TO TOTAL ASSETS, UMUR, DAN JUMLAH ANGGOTA TERHADAP RENTABILITAS EKONOMI DI KOPERASI SIMPAN PINJAM DAN KOPERASI KREDIT DI KECAMATAN BULELENG, KABUPATEN BULELENG: SEBUAH PEMODELAN EKONOMETRIKA


III. METODE PENELITIAN

Metode Penentuan Sampel
Sampel dalam penelitian ini adalah koperasi simpan pinjam dan koperasi kredit di Kecamatan Buleleng yang terdaftar di Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan Kabupaten Buleleng, aktif sampai dengan tahun 2010 dan mengadakan RAT (Rapat Anggota Tahunan) sampai dengan Maret 2010, serta menerbitkan laporan keuangan secara lengkap dari tahun 2005 sampai dengan 2009. Dalam penelitian ini diperoleh sampel sebanyak tujuh koperasi yang terdiri atas enam Koperasi Simpan Pinjam (KSP) dan satu Koperasi Kredit. Periode pengamatan adalah lima tahun, yaitu dari tahun 2005 sampai dengan 2009. Berikut adalah daftar nama koperasi simpan pinjam dan koperasi kredit yang menjadi sampel.


Teknik Analisis Data
Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda (multiple linear regression analysis) dengan metode OLS (ordinary least square).

Analisis Regresi Berganda
Model analisis regresi berganda ditunjukkan oleh persamaan
Yi = βo + β1X1 + β2X2 + β3X3 + β4X4 + εi

Keterangan:
Yi = Rentabilitas ekonomi
βi = Koefisien regresi
X1 = Variabel bebas aset lancar
X2 = Variabel bebas debt to total assets
X3 = Variabel bebas umur
X4 = Variabel bebas jumlah anggota
εi = Error term (residuals)

Uji Asumsi Klasik
Model regresi yang BLUE adalah model regresi yang tidak melanggar tujuh asumsi klasik sebagaimana disyaratkan oleh Studenmund (2006), yaitu (1) The regression model is linear, is correctly specified, and has an additive error term, (2) The error term has a zero population mean, (3) All explanatory variables are uncorrelated with the error term, (4) Observation of the error term are uncorrelated with each other (no serial correlation), (5) The error term has an constan variance (no heterokedasticity), (6) No explanatory variable is aperfect linear function of any other explanatory variable(s) (no perfect multicollinearity), (7) The error term is normally distributed (this assumption is optional but usually is invoked).

Pengujian Serempak (Uji F)
Uji F menguji pengaruh serempak variabel-variabel bebas terhadap rentabilitas ekonomi di koperasi simpan pinjam dan koperasi kredit di Kecamatan Buleleng.

Uji Parsial (Uji t)
Uji t digunakan untuk menentukan pengaruh parsial variabel-variabel bebas (Xi) terhadap variabel terikat (Yi). Pengujian dilakukan dengan cara membandingkan p-value uji t dengan taraf signifikansi 5 persen.

sumber rizka desti arini / 26211313


No comments:

Post a Comment